5 tren pemasaran digital teratas

5 tren pemasaran digital teratas


Tidak ada keraguan bahwa pemasaran digital telah menunjukkan kepada kita aspek lain dari pemasaran tingkat lanjut tanpa investasi yang besar. 

Beberapa bisnis telah mengembangkan bisnis mereka secara luar biasa melalui pemasaran digital sementara beberapa lainnya berjuang keras untuk tumbuh. Jangan khawatir; jika rencana pemasaran digital Anda tidak berhasil tahun lalu karena kami memiliki beberapa tren pemasaran digital terbaru yang akan membantu Anda membentuk bisnis tahun ini.

Pemasaran digital adalah istilah yang sangat kompleks karena terkadang rencana pemasaran online Anda akan berhasil dan terkadang tidak. Makanya, yang penting dalam pemasaran digital adalah tetap bereksperimen dengan strategi pemasaran baru. 

Prospek dan pelanggan apa pun yang akan Anda tarik akan menjadi pilar bisnis Anda. Dan untuk menjadi pilihan pelanggan yang paling relevan, Anda perlu membangun kepercayaan dengan pelanggan Anda dan membuat keterlibatan dengan mereka. Oleh karena itu, yuk cari tahu apa saja strategi digital marketing yang paling trending di tahun ini.

1. Pemasaran konten:

Ini adalah alat pemasaran digital paling vital karena melalui pemasaran konten Anda dapat menciptakan nilai bagi merek Anda. Ya, posting konten yang relevan memahami psikologi pelanggan atau audiens, Anda dapat menarik perhatian dan keterlibatan maksimum. 

Kegunaan utama dari pemasaran konten adalah untuk melakukan bisnis yang jelas dengan membiarkan pelanggan Anda tahu apa bisnis Anda dan apa yang ingin Anda jual. Jadi, mari kita bahas langkah demi langkah bagaimana Anda dapat membuat strategi pemasaran konten yang sukses:

• Tentukan Tujuan Anda

Sebelum memulai pekerjaan Anda, penting untuk menguraikan tujuan Anda dan bagaimana menghubungkan tujuan tersebut dengan pengguna.

• Pantau kinerja metrik

Untuk melacak kinerja situs web Anda, Anda dapat menggunakan Google Analytics untuk mencatat penyelesaian sasaran. ini adalah alat yang hebat untuk menganalisis kinerja setiap konten.

• Kumpulkan data Anda

Kumpulkan semua informasi berharga dari audiens yang Anda target. Anda dapat menggunakan data dari orang lain dan Anda juga dapat mengumpulkan data Anda sendiri.Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kembali konten hijau sepanjang tahun sehingga dapat meningkatkan jangkauan Anda ke pelanggan baru.

• Pilih Jenis Konten Anda

Setelah Anda mengumpulkan semua data Anda, Anda dapat mulai mengerjakan konten Anda sesuai keinginan.Cukup Tetapkan Tujuan Anda dalam pikiran Anda dan putuskan jenis konten Anda sehingga Anda dapat dengan mudah memenuhi tujuan individu Anda.

• penciptaan

Jangan terburu-buru saat membuat konten, pastikan Anda memiliki cukup waktu dan sumber daya.Sangat penting untuk membuat setiap konten secara profesional dengan cara yang terencana.

• Distribusi

Setelah pembuatan konten, apa selanjutnya? Untuk distribusi, Anda memerlukan waktu yang sama karena Anda harus memilih pola di mana Anda akan mendistribusikan konten dan melakukan pemasaran.

• Tindak lanjut untuk SEO

Jika promosi konten Anda berhasil dan situs web lain berbicara tentang situs web Anda, maka Anda harus meminta kredit.Apapun data grafik info yang mereka gunakan dari situs web Anda. Anda harus memastikan bahwa mereka tertaut ke situs web Anda.

2. Chatbots:

Chatbots adalah strategi pemasaran yang sedang tren lainnya yang membantu banyak bisnis mendapatkan lebih banyak keterlibatan daripada sebelumnya. Ini adalah program terkomputerisasi yang memungkinkan pelanggan untuk mengobrol dalam teks atau format bahasa lisan. Chatbots dirancang khusus untuk pertanyaan pelanggan, masalah terkait layanan, dan keterlibatan.

Saat ini, banyak bisnis menggunakan Chatbots sebagai alat untuk keterlibatan pelanggan dan ini menunjukkan hasil yang positif bagi banyak bisnis. Jika Anda belum pernah menggunakan strategi pemasaran ini, berikut adalah beberapa tips tentang implementasi chatbots.

• Pelajari tentang klien potensial Anda

Tentukan Klien Anda dan di lini bisnis mana Anda akan melayani apa pun itu B2B atau B2C. Ini adalah langkah paling awal yang harus Anda fokuskan karena menjelaskan proses chatbots

• Perjelas tujuan Anda

Sangat penting untuk menjaga lini bisnis Anda jelas sehingga Anda dapat menerapkan chatbots dengan sukses.Jadi, ketahuilah siapa yang akan menjadi klien Anda dan diskusikan dengan tim Anda tentang tujuan dan prosesnya.

• Uraikan jenis-jenis chatbot

Setelah Menetapkan Tujuan utama chatbot, priotize the whole work process. Chatbot dapat mendukung Anda dengan banyak aktivitas sehingga penting untuk memahami fungsi utama chatbot.

3. Pemasaran seluler

Pemasaran seluler telah menjadi masa depan pemasaran digital karena telah mengambil alih seluruh pasar dengan badai. Ini adalah strategi pemasaran yang paling banyak diminati yang membantu menjangkau pelanggan yang ditargetkan secara langsung di perangkat seluler melalui SMS dan MMS, email, media sosial, dan pemberitahuan aplikasi. 

Pemasaran seluler memudahkan proses pemasaran Anda, mulai dari mengirim email hingga mengunjungi situs web, semuanya dapat diakses di ponsel Anda.

Kami telah mengambil 4 langkah mudah yang akan membantu Anda dalam menerapkan strategi pemasaran seluler. Jadi, mari kita cari tahu apa itu.

• Buat persona pembeli seluler

Sama pentingnya bagi kami untuk memahami kepada siapa Anda memasarkan melalui pemasaran seluler.Dan, untuk membuat persona pembeli seluler Anda, Anda harus mengikuti proses langkah demi langkah dengan memasukkan semua informasi tentang penggunaan seluler.

• Tentukan tujuan pemasaran seluler

Untuk mencapai tujuan Anda, penting untuk memahami tujuan Anda sehingga Anda dapat menyusun strategi tindakan Anda. Begitu

- Apa tujuanmu?

- Ingin meningkatkan lalu lintas seluler?

- Ingin mengembangkan basis data seluler?

- Buat lebih banyak konversi?

• Tetapkan KPIs pemasaran seluler

Melakukan pemasaran seluler tanpa KPIs tidak berguna karena setelah menetapkan tujuan Anda, sama pentingnya untuk mengukur tujuan Anda apakah itu pencapaian atau kegagalan.Pisahkan KPIs untuk setiap aspek strategi pemasaran seluler.

• Gunakan alat pemasaran seluler untuk memantau kinerja Anda

Nah, Anda telah memutuskan semua strategi pemasaran tetapi bagaimana Anda akan melacak kinerja? Google Analytics adalah alat yang hebat untuk memantau lalu lintas situs web seluler Anda.

4. Video

Berbagi konten video di platform media sosial adalah kebijakan pemasaran terbaik untuk setiap bisnis. Video menarik perhatian pelanggan secara instan dan menurut survei terbaru; terbukti bahwa video meningkatkan lebih banyak keterlibatan pelanggan. 

Orang-orang menonton jutaan video online di Facebook dan YouTube setiap hari; Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda lebih fokus pada konten video. Tidak peduli apakah itu video langsung, video YouTube atau hanya video, yang penting apakah Anda memberikan konten video berkualitas untuk pelanggan Anda atau tidak? Jika Anda belum mencoba pemasaran video, jangan khawatir berikut beberapa taktik video untuk Anda:

• Punya rencana

Langkah pertama dalam merencanakan kampanye video adalah memiliki rencana dengan mengembangkan lalu lintas. Bagaimana Anda akan membuat video dan apa motif dari video Anda?

• Kenali audiens dan motif Anda

Sebelum membuat video, penting untuk mengetahui untuk siapa Anda membuat video ini dan apa yang Anda inginkan darinya? Motif utama Anda adalah untuk memenangkan kepercayaan dan minat audiens.

• Memiliki konten yang informatif

Untuk menjalankan kampanye Sukses; video Anda harus relevan, bermanfaat dan menarik bagi penonton. Orang cenderung berbagi video yang lebih relevan dan berguna.

• Perhatian merebut konten

10 detik terakhir video sangat penting, oleh karena itu pastikan video Anda akan langsung menarik perhatian penonton.

5. Cerita

Cerita Instagram, cerita Facebook dan cerita Snapchat telah menjadi fitur paling populer dari pemasaran media sosial. Dengan berbagi cerita momen terbaik dari hari akan membantu Anda membuat FOMO untuk pengguna yang melewatkan cerita Anda. Cerita-cerita ini diatur untuk jangka waktu tertentu dan menghilang secara otomatis, setelah waktunya habis. Jadi, pastikan Anda mempraktikkan strategi pemasaran cerita ini untuk bisnis Anda tahun ini.

Tidak ada keraguan bahwa pemasaran konten dan penceritaan berjalan seiring, tetapi apa yang akan membuat cerita Anda lebih menarik? Berikut adalah beberapa tip yang akan membantu Anda membangun kesadaran merek melalui cerita Anda.

1). Cerita berbasis jajak pendapat

Dengan menggunakan polling dalam cerita Anda dan mengajukan pertanyaan kepada audiens, Anda tidak hanya akan melakukan keterlibatan tetapi Anda juga akan mengetahui tentang pola pikir audiens.

2). Tambahkan lokasi di cerita

Lokasi sangat bagus untuk promosi bisnis lokal karena memberikan visibilitas yang bagus dan merek Anda dapat ditemukan secara lokal.

3). Tambahkan sebutan untuk merek dan penggemar lain

Dengan menyebutkan nama individu dalam cerita Anda sebagai merek, Anda dapat berseru untuk membeli produk Anda, berpartisipasi dalam kontes atau berterima kasih kepada mereka karena telah setia pada merek Anda.

4). Undang pengikut dengan ajakan bertindak yang jelas

Dengan menambahkan CTA di cerita Anda, Anda secara langsung membimbing audiens Anda apa yang harus dilakukan selanjutnya? Geser ke kanan untuk melihat lebih banyak; geser ke atas untuk membaca lebih lanjut dan seterusnya. CTA sangat bagus untuk memotivasi audiens Anda untuk melakukan tindakan cepat.

5). Tautkan situs web Anda dengan cerita

Memposting cerita di akun instagram atau facebook Anda tidak hanya cukup untuk meningkatkan lalu lintas situs web Anda.Tautkan URL situs web Anda dengan stories. Sehingga audiens dapat langsung mengunjungi situs web Anda dan meningkatkan rasio konversi Anda.

 6). Coba video langsung

Video langsung lebih realistis dan membantu memberikan dampak yang lebih besar pada penonton. Komentar dan suka waktu nyata menciptakan keaslian pesan Anda sekaligus meningkatkan keterlibatan dengan banyak orang.

Strategi pemasaran digital yang sedang tren ini pasti akan membawa perubahan dalam bisnis Anda. Semua yang Anda butuhkan untuk menerapkannya secara strategis.

Poin bonus untuk semua pembaca kami:

Sudah cukup lama kami melakukan pemasaran digital untuk semua jenis bisnis dan melakukan semua eksperimen yang memungkinkan untuk meningkatkan lalu lintas bagi klien kami. 

Beberapa eksperimen kami membuahkan hasil dan beberapa merupakan pengalaman belajar. Tapi apa yang kami pelajari dari pengalaman ini adalah terus mencoba dan belajar dari kesalahan Anda. Jadi, berikut adalah beberapa pengalaman terbaik yang telah kami terapkan untuk klien kami dan berhasil dengan luar biasa.

Video Langsung Facebook

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, Anda dapat melihat dengan jelas bahwa Video Langsung Facebook telah mengubah keseluruhan skenario pemasaran digital. 

Facebook akan menghukum Anda dengan jangkauan yang lebih rendah jika konten Anda tidak mendapatkan banyak keterlibatan sosial. Tetapi pasti akan memberi Anda imbalan jika Anda menggunakan fitur Facebook Live dengan bijak. Bagaimana kami bisa tahu? Lihat statistik video Facebook Live di bawah ini yang kami lakukan untuk salah satu klien terkenal kami.


Video tersebut mencapai 6k orang secara organik! Tidak ada uang yang dihabiskan untuk mempromosikannya.


Waktu menonton video rata-rata adalah 57 detik. Postingan video lainnya menunjukkan waktu tonton rata-rata 10-12 detik.


Video tersebut mendapatkan lebih dari 1.000 keterlibatan organik. Lebih dari sepertiganya berasal dari saham. Kapan terakhir kali Anda mendapatkan begitu banyak keterlibatan secara organik?

Sekarang setelah Anda tahu mengapa Video Langsung Facebook penting bagi Anda, berikut beberapa tip berguna dalam memanfaatkan video Langsung Facebook secara maksimal:

  1. Umumkan bahwa Anda akan Siaran Langsung setidaknya seminggu sebelum tanggal Siaran Langsung.

  2. Bersiaplah dengan semua hal yang Anda butuhkan setidaknya 30 menit sebelum siaran Langsung karena tidak ada yang ingin membuat pemirsa menunggu di tengah-tengah video.

  3. Perjelas di kepala Anda tentang mengapa Anda membuat video dan nilai apa yang akan diberikannya kepada pemirsa.

  4. Cobalah menjawab semua pertanyaan yang diajukan pemirsa kepada Anda. Gunakan nama depan mereka sebelum menjawab, sehingga mereka juga mengetahui pertanyaan siapa yang dituju.

  5. Jangan berkecil hati jika Anda tidak mendapatkan banyak penonton dalam beberapa menit pertama. Teruskan cerita Anda dan pemirsa akan mulai berduyun-duyun dalam beberapa menit. Kami membutuhkan waktu 4 menit untuk mencapai jumlah pemirsa puncak kami, tetapi dari sana itu konstan untuk sisa video.

Pemasaran konten :

Pemasaran konten memainkan peran utama dalam pemasaran digital dan kami dengan senang hati membagikan salah satu pengalaman terbaik kami dengan Anda. Jadi, ini tentang salah satu klien kami yang terkenal yang menjalankan lembaga pelatihan untuk Kru Penerbangan / Kabin dan Desain Mode. Ketika kami mendapatkan proyek, mereknya masih sangat baru di pasar dan tujuan kami adalah membangun kesadaran merek. 

Mereka memulai dengan beberapa kursus baru untuk Penerbangan dan Awak Kabin, tetapi kami hanya punya waktu 4 bulan untuk mengerjakannya. Mendapatkan basis penggemar setia dan membangun kesadaran merek bukanlah hal yang mudah bagi kami. Kami menganggapnya sebagai tantangan dan mulai mengerjakan strategi pemasaran online kami karena kami harus menginformasikan tentang manfaat kursus juga kepada audiens.

Oleh karena itu, kami lebih fokus pada tujuan kami untuk membangun kesadaran merek dan menghasilkan prospek untuk penerimaan kursus. Jadi, mari cari tahu apa yang telah kita lakukan untuk memenuhi tujuan kita-

Kami mulai memposting konten yang berkaitan dengan

  • Kursus yang ditawarkan di institut

  • Kurikulum Kursus

  • Kelayakan untuk bergabung

  • Metodologi Pengajaran

  • Permintaan di pasar Penerbangan dan Pariwisata

  • Kehidupan Kru Kabin / Perancang Busana

Acara yang dipromosikan (kehadiran di EduFair, manfaat khusus untuk siswa, dll.) Di Media Sosial

Membuat Iklan Media Sosial untuk menjangkau dan menginformasikan sebanyak mungkin orang tentang merek

  • Juga, buat Iklan Media Sosial untuk menghasilkan Prospek dari calon pelanggan

Itu adalah tugas mengambil risiko, tetapi kami yakin dan hasil dari upaya luar biasa kami tidak dapat dipercaya. Ya, hanya dalam 3 bulan kami mencapai 200k + orang dan komunitas online berkembang menjadi 5k + orang. Nah, itu bukanlah akhir; kami juga menghasilkan lebih dari 400 prospek dalam 4 bulan yang merupakan hasil yang bermanfaat bagi bisnis mereka.

Cerita:

Membuat cerita untuk klien kami dan menggunakannya sebagai strategi pemasaran konten adalah hal baru bagi kami. Kami tidak tahu cara menampilkan sekilas pekerjaan klien Anda melalui fitur cerita. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk membuat cerita tentang acara terbaru klien kami yang diadakan di sebuah hotel populer di Guwahati. 

Kami menggunakan tagar dan stiker yang paling trending untuk membuat cerita terlihat lebih asli di Instagram. Selain itu, hanya untuk menciptakan lebih banyak keterlibatan, kami membuat cerita ini dengan opsi untuk melihat lebih banyak. Dan, itu adalah strategi pemasaran yang sukses di mana kami memperoleh keterlibatan organik maksimum di Instagram.

Pertanyaannya adalah alat cerita apa yang telah kami gunakan untuk klien kami? Nah, kami hanya berfokus pada 3 alat-

  • Tag hash yang relevan

  • Stiker

  • Tautan ke postingan

Kesimpulan:

Semoga strategi pemasaran digital yang sedang tren ini akan membantu Anda membuat bisnis Anda lebih menguntungkan. Cukup fokus pada merek Anda dan pertahankan strategi Anda jelas, sehingga pelanggan Anda dapat terhubung dengan merek Anda dengan mudah.

Jika kami melewatkan sesuatu dan Anda ingin berbagi dengan kami, silakan beri komentar di bawah.


Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form