Karena mesin telusur terbesar di dunia 'Google' terus menguasai pangsa pasar mesin telusur, penerbit, pemilik situs web, dan merek terus mencari cara baru untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs mereka sendiri. Saat ini, Google News adalah salah satu cara paling efektif dan terjangkau untuk meningkatkan lalu lintas web.
Menurut sebuah laporan, berita Google mengirimkan hampir 6 miliar pengguna setiap bulan ke penerbit di seluruh dunia. Dan jika Anda berhasil mendapatkan 0,0001% dari jumlah besar ini ke toko online, merek atau blog Anda, itu sangat besar dan dapat meningkatkan upaya SEO Anda juga.
Apa Itu Google News?
Google News adalah agregator berita yang diberdayakan oleh Google dan menyediakan aliran besar berita, artikel, entri blog, dan artikel yang dikumpulkan dari majalah, penerbit, blog, dan situs web yang tak terhitung jumlahnya. Ini adalah agregator berita lintas platform yang sama-sama dapat digunakan di Android, iOS, dan web.
Di masa lalu, penerbit harus mengirimkan artikel atau cerita mereka secara manual untuk persetujuan melalui pusat Penerbit Google dan sulit untuk mendapatkan cerita yang berhasil dikirim. Karenanya, baru-baru ini Google telah memperbarui pedoman untuk berita Google tentang situs atau majalah mana yang memenuhi syarat untuk muncul di Google Berita dengan berita atau pembaruannya.
Menurut Google, penerbit dan pemilik situs web perlu membuat konten berkualitas tinggi, informatif, dan bermanfaat yang sesuai dengan pedoman konten Google Berita. Mereka juga tidak boleh membuat konten yang penuh kebencian, kekerasan, atau berbahaya. Dan mereka akan berhasil mengamankan tempat yang terlihat di Google Berita.
Bagaimana Cara Kerja Indeks Google News?
Google new bukanlah penerbit berita itu sendiri. Tapi itu mengumpulkan artikel dan berita dari berbagai situs web dan majalah menggunakan algoritme untuk menyajikan berita yang relevan kepada pengguna berdasarkan lokasi, minat, kegunaan, kesegaran, dan otoritas mereka.
Kecepatan memuat situs web, desain responsive, dan kompatibilitas lintas browser adalah beberapa persyaratan utama lainnya untuk muncul di berita Google dengan situs web atau majalah Anda. Kemudian semua hasil dikategorikan menjadi topik dan subtopik.
Manfaat masuk ke Hasil Penelusuran Google Berita
SEO baru Google tidak hanya tentang mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke situs web atau bisnis Anda, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan tampil di Google Berita.
Ketika konten Anda dioptimalkan dengan benar sesuai dengan pedoman konten berita Google, itu lebih mungkin untuk muncul di hasil pencarian dalam beberapa saat. Ini sangat berguna ketika Anda menyampaikan berita dan berita terkini.
Karena umpan Google Berita hadir dengan fitur penyesuaian, saat Anda secara konsisten membuat dan menerbitkan konten di majalah atau situs web, Anda juga dapat melihat pengguna sering kembali dan lebih terlibat dengan konten Anda. Saat pengguna memilih untuk melihat 'lebih banyak cerita seperti ini', mereka akan disajikan dengan konten yang lebih bermanfaat di masa mendatang dari sisi Anda.
Kiat SEO Google Berita agar Situs Anda Dirayapi sebagai Penerbit GN
Penerbit, blogger, dan pemasar konten yang cerdas telah menuai manfaat dari berita Google dengan mendapatkan lebih banyak klik dan visibilitas mesin pencari yang lebih baik.
Berikut adalah beberapa praktik terbaik SEO Google Berita yang dapat Anda lakukan agar situs web Anda dirayapi sebagai penerbit Google Berita.
• Ikuti pedoman konten teknis Google untuk memastikan bot dapat merayapi situs Anda
Algoritme digunakan untuk merayapi dan mengumpulkan sumber berita Google dari ribuan situs web dan majalah di seluruh dunia.
Agar konten Anda terdaftar di Google Warta, Anda perlu membuat URL yang unik dan permanen untuk membantu sistem menentukan halaman majalah Anda yang merupakan artikel dan berita.
Anda juga perlu menggunakan format HTML untuk konten dan link Anda saat crawler Google memindai sumber untuk HTML. Hindari menggunakan terlalu banyak multimedia, JavaScripts, dan PDF yang sulit dipindai.
• Optimalkan dengan benar untuk meningkatkan peluang penyertaan Anda
Saat menulis artikel berita, gunakan markup data struktur untuk konten Anda guna memudahkan crawler dan bot untuk memindai dan merayapi artikel Anda. Selain itu, usahakan untuk tidak mengganggu arus artikel berita dan story dengan bentuk konten lain seperti video dan visual lainnya.
• Pastikan situs Anda adalah sumber yang berwibawa
Google ingin penggunanya mempercayai sumber berita yang disertakan dalam Google News. Itulah mengapa penting bagi penerbit dan pemilik situs web untuk transparan dan bertanggung jawab atas apa yang mereka terbitkan.
Sumber harus menyertakan informasi yang mudah diakses tentang artikel atau cerita dan wajah di balik publikasi. Misalnya, penulis situs web atau majalah Anda harus menampilkan detail kontak mereka seperti profil media sosial dan ID email, dll. Untuk meningkatkan kredibilitas.
Semua berita dan artikel juga harus memiliki tanggal penerbitan dan byline yang jelas.
• Publikasikan konten asli dan bermanfaat secara teratur
Situs web atau majalah baru harus diperbarui dengan artikel segar dan bermanfaat secara teratur untuk muncul di Google Warta. Jika Anda sering mensindikasi konten dari situs berita utama, mayoritas konten Anda harus segar dan unik.
• Tetap berpegang pada niche
Google selalu mencari berita dari sumber dan majalah unik. Jadi, Anda harus tetap berpegang pada niche tertentu untuk membedakan situs web Anda dari yang lain dan meningkatkan peluang untuk muncul di Google Berita.
Menulis tentang topik tertentu membantu Anda muncul di lebih banyak umpan Google Warta yang disesuaikan untuk topik tertentu dan membawa kunjungan berulang.
• Buat peta sitemap
Setelah majalah atau situs web Anda disetujui oleh Google Warta, segera buat peta situs Google Warta untuk pengindeksan cepat.
Sitemap membantu perayap Google Berita untuk merayapi situs Anda dengan lebih efisien dan cepat. Ini juga memberikan kontrol yang lebih baik atas cerita mana yang Anda kirimkan ke Google.